Kamis, 27 Oktober 2011

timnas menuju piala dunia 2014

berhasil menyingkirkan Turkmenistan.

Dengan hasil imbang 1-1 pada leg pertama di kandang Turkmenistan, Sabtu pekan lalu, harapan tim nasional Indonesia untuk lolos ke putaran ketiga menjadi terbuka.

Dalam laga kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis, 28 Juli 2011, pukul 19.00 nanti, tim Garuda hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol untuk dapat melaju dari putaran kedua kualifikasi Pra Piala Dunia ini.

Jika timnas berhasil mendepak negara pecahan Uni Soviet itu, perjalanan Firman Utina cs untuk menuju ke Brasil masih sangat panjang dan sangat berat. Indonesia akan bersaing dengan 15 negara yang menjadi pemenang dari pertandingan-pertandingan di putaran kedua ini.

Di putaran ketiga nanti, lima tim tangguh Asia, yaitu Korea Selatan, Jepang, Korea Utara, Bahrain, dan Australia baru memulai ikut kualifikasi. Jadi, 15 tim yang lolos dari putaran kedua itu akan bergabung dengan lima "macan" sepak bola Asia tersebut.

Dari 20 tim di putaran ketiga nanti, dipecah menjadi lima grup. Masing-masing grup terdiri dari empat tim. Kemudian yang menjadi juara dan menempati posisi kedua di masing-masing grup, berhak melenggang ke putaran keempat.

Fase berikutnya yang masih harus dilakoni sang juara dan ruuner-up di putaran ketiga, yaitu mereka harus kembali bersaing di putaran keempat yang dikerucutkan menjadi dua grup. Tentunya persaingan di putaran ini jauh lebih ketat, keras, dan sengit.

Nah, juara dan pemegang peringkat kedua masing-masing grup di putaran keempat inilah yang otomatis berhak tampil ke Piala Dunia Brasil pada 2014 nanti. Untuk pemegang peringkat ketiga masing-masing grup, bakal melakoni laga playoff kandang dan tandang.

Tim pemenang kemudian akan menghadapi pemenang dari zona lainnya dalam playoff laga kandang dan tandang. Di laga hidup mati inilah diperebutkan satu tiket lagi untuk bisa tampil di putaran final Piala Dunia.

Dengan demikian, masih begitu panjang dan berliku perjalanan yang harus ditempuh tim Garuda dalam berjuang mewujudkan mimpi indah agar bisa tampil di Piala Dunia. Apalagi lawan-lawan tim Merah Putih di putaran ketiga dan keempat nanti adalah tim-tim tangguh dari negara-negara yang selama ini tim sepak bolanya dikenal kuat di kawasan Asia. Semoga Garuda bisa terbang tinggi.

 

0 komentar:

Posting Komentar